Jumat, 28 September 2012

Si Udang Pancet SImpang Raya


Semaleman suntuk ngelengkapin administrasi buat pengajuan dana penelitian, akhirnya jam 2 malem kelar juga. Inget ntar pagi ada janji ama Mbak Itok di Baranangsiang, akhirnya gwa memutuskan untuk tidur, walaupun sebenernya belum ngantuk. Niatnya sih biar fresh ntar pagi..

Jam 9 pagi gwa baru bangun dari kasur tercinta. Ngeliat waktu yang dipunya tinggal satu jam lagi, akhirnya gwa buru-buru mandi dan langsung memanaskan mesin motor. Selama 20 menit berlangsung, gwa dengan segera merapat ke kedai Telapak di Baranangsiang, tempat janjian gwa ama Mbak Itok. Menggunakan kecepatan 60 km per jam dengan jarak tempuh Laladon (rumah gwa) – Baranangsiang kurang lebih 13km,  selang 30 menit udah sampe di tempat janjian. Mumpung masih ada waktu 10 menit menuju jam 10 pagi, gwa manfaatkan untuk sarapan pagi di bubur ayam samping gedung alumni IPB. Lumayanlah buat ngeganjal perut…

Pertemuan kali ini, Mbak Itok menugaskan gwa untuk menulis mengenai “Subak”. Nah loh.. nulis nih? Hal yang baru gwa denger lagi “Subak”. Hmm.. Tapi gak jadi masalah buat gwa, ini jadi kayak semacam tantangan aja buat ngebuktiin gwa bisa nulis. (kalau nulis sesuatu tentang Subak aja bisa, berarti ntar nulis buat skripsi gwa lancar jaya doong?… hmm.. Ngarep!).

Kaya biasanya, sebelum mulai nulis harus cari banyak referensi dari jurnal, artikel, blog, dan sebagainya. Mesen satu gelas jus alpukat akhirnya tugas pertama segera dijalankan. Hoho.. Pas lagi nulis, kadang suasana hening, kadang juga gwa ajak ngobrol Mbak Itok untuk sekedar berdiskusi. Sampe akhirnya gwa lumayan keriting mikirin subak, subak, dan subak.

Tepat jam 1 siang, puncak dimana hari begitu menyebalkan karena mentok alias bingung apa yang mau ditulis, beruntung Mbak Itok saat itu ngajak makan. Dan gwa rasa sekarang memang tepat buat makan siang, karena kalori dari bubur ayam yang tadi pagi udah terkuras habis sepertinya. Haha… pilihan siang itu adalah masakan padang Simpang Raya di seberang jalan kedai Telapak persis.

Nyebrangin jalan melalui jembatan layang itu sesuatu sekali ya.. Apalagi lagi panas-panasnya cuaca. Tapi, beruntung ada temen ngobrol, Mbak Itok jadi gak kerasa udah sampe RM Simpang Raya (tapi emang deket juga sih lokasinya, hahaha…). Seperti ciri khas Rumah Makan Padang pada umumnya, RM Simpang Raya juga dipenuhi sama cermin-cermin disetiap sisi dindingnya. Setau gwa sih tujuannya biar Rumah Makan Padang itu keliatan luas..

Wih.. ramenya… memang sekarang udah masuk jam makan siang sih.. Makanya banyak pekerja kantoran yang berdatangan untuk makan (yaiyalah makan, masa karokean? Hehe).  Sampe sana langsung disambut oleh para pelayan Rumah Makan. Gwa disuguhin berbagai macam menu. Mulai dari gulai-gulaian, ayam-ayaman, rendang-rendangan, hingga akhirnya pilihan gwa jatoh ke “Udang Pancet Goreng Panas”. Wiih… namanya aja udah ganaskan, “Udang Panas”, disajiinnya diatas bara api kali ya, hehe…  cocok buat naikin mud, pikir gwa…

Selesai mesen, langsunglah mencari tempat duduk yang gak jauh dari pintu depan RM. Pelayannya cekatan nih, interaktif lagi. Abis perasaan baru duduk, makanan udah dateng aja. Segala di tembak buat nambah nasi pula. Beu.. yang ini aja belum disentuh bang. Hehe.. Aih..aih.. Asik dah udangnya gede… panas pula, karena baru digoreng. Hmm.. dari baunya aja udah mengundang selera. Enyak..enyak.. kayanya pas nih pilihan menu makan siang gwa hari ini..


Bener aja kan, pas suapan pertama rasa udangnya nendang bangat dah. Langsung berjalan mulus di tenggorokan gwa tuh udang, gurih-gurih gimana…..gitu. Dicampur dengan sayuran dan sambel hijau ala padang, bikin menu udang kali ini tambah sip buat dinikmatin di siang hari. Hmm..seger.. Kalo diliat dari segi fisik, ini udang cuma digoreng doang tanpa dibalutin atau ditambahin oleh sesuatu bahan apapun. Tapi, rasanya itu loh… Super sekali… rempahnya kerasa banget. Apalagi udang itu kaya akan protein dan kalsium.. Udah enak, bergizi lagi…aih..aih.. suap demi suap dihayati banget dah makannya, hehe.. (inget bubur tadi pagi makannya cuma selewat-selewat doang, hahaha..)

Kami gag ngabisin waktu yang lama buat makan siang, karena masih harus ngelanjutin kerjaan yang ketunda. Sebelum bayar ke kasir, gwa ama Mbak Itok iseng-iseng nebak harga makanan yang kami makan. Setelah nyicipin dan nikmatin masakan tadi, gwa nebak harga 1 porsi udang pancet dan 1 porsi rendang ngabisin sebesar Rp. 50.000,-  Dan ternyata, tebakan gwa meleset sedikit. Total pengeluaran makan siang di RM Simpang Raya Rp. 58.000,- dengan rincian 1 porsi udang pancer itu Rp. 35.000,- sedangkan 1 porsi rendang Rp. 23.000,- . haha… masuk akal sih buat rasa masakannya… Pokonya recommended pake banget deh buat para pecinta udang, makan udang pancet di RM Padang Simpang Raya… Inget, makannya di siang bolong ya… hehe… Selamat menikmati… J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan menulis komentar di sini