Rabu, 19 September 2012

Jus Alpukat Kedai Kami

Kalo siang udara terasa terik di Bogor. Paling enak nongkrong di Kedai T, pesen segelas Jus Alpukat. Kental. Disiram seduhan air kopi. Kalo suka tambah sedikit gula semut warna coklat.

Ada banyak guna buah alpukat (Persea americana). Kandungan nutrisinya tinggi. Dari mulai protein, lemak bermanfaat (kolesterol baik HDL), karotenoid untuk mata, anti inflamasi (peradangan), kesehatan jantung.

Alpukat menyediakan semua 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. baca sendiri deh di sini untuk detilnya. http://health.kompas.com/read/2012/01/06/1422363/6.Nutrisi.Berkhasiat.dari.Alpukat

Ada beda cara makan alpukat di Indonesia dan di Amerika dan Eropa. Biasanya mereka menambahkan alpukat ke dalam salad. Kalau di daerah Amerika Latin beda lagi. Saus colek ala Meksiko, yang disebut guacamole. Wah sedap sambil ngobrol makan colekan keripik jagung. ah jadi kepengen deh.

Satu pohon alpukat tumbuh tinggi di halaman belakang rumah Nini di Cikoneng. Kalau musim ulat tiba, semua daunnya gundul dimakan ulat. digantikan dengan kepompong indah berwarna kuning. entah jenis kupu-kupu apaan tuh. daging buahnya yg kuning, gurih seperti mentega. Di Pasar Bogor ada banyak alpukat. kecil-kecil tapi lumayan lah. masih rasa alpukat.

mari hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan menulis komentar di sini