Minggu, 09 Desember 2012

Nasi Bakar Teri "Tunggal Sari"

Ehemm...
Semoga gak ada yang bosan dengan postingan saya karena setiap memposting, baru bisanya menginformasikan kuliner-kuliner yang ada di sekitar kampus IPB Dramaga. (well, secara habitatnya memang di Dramaga).
Kali ini, saya akan bercerita tentang "nasi buri" alias nasi bakar. Belakangan ini, nasi bakar menjadi salah satu trending topik perkulineran nasi-nasian. Jadi sekarang, kalau makan nasi gak thok nasi putih, nasi liwet, ato nasi goreng tapi ada improvisasi lain yang bisa di coba yaitu nasi bakar.
Nasi bakar teri yang saya coba ini skornya diatas 5 lah dari sekian nasi bakar yang pernah saya coba.


Nasi bakar itu bentuknya semacam perpaduan antara nasi timbel dan nasi liwet in my point of view. Nasi yang diberi bumbu, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Baru setelah itu dipanggang di atas bara api (bukan di bakar, hmm mestinya namanya nasi panggang gitu yaak). Nasi bakar di tiap warung/RM yang menyediakan menu nasi bakar punya karakteristiknya sendiri. Di warung tempat saya makan ini sebenarnya memberikan berbagai macam pilihan nasi bakar. Ada nasi bakar ayam, jamur, oncom, nasi bakar hijau dan polos tetapi saya lebih tertarik pada nasi bakar terinya. Nasi tadi dibumbui dengan bumbu tertentu (rahasia perusahaan masing-masing, soale rasanya beda pasti di tiap tempat), di campur daun kemangi, cabe rawit, dan tentu saja teri di dalamnya. Lauk pelengkapnya, as you can see in the pict above ada tahu tempe goreng, ayam goreng, lalapan dan sambel. Nasi ini paling pas dimakan saat panas, saat membuka bungkusan daun pisangnya, aroma nasinya akan menyeruak dan membuat lapar semakin menjadi. Untuk satu paket komplit seperti di atas, dihargai dengan IDR 21.000. Yaa memang agak tidak terjangkau untuk kalangan mahasiswa yang biasanya makan pecel ayam seharga IDR 8.000 dan bisa nambah nasi sepuasnya. Tapi warung ini bisa jadi recommended place untuk menjamu orang tua/keluarga yang sedang berkunjung (secara kalo kyk gitu, yang mbayarin pasti yang berkunjung. LOL).
Nasi bakar ini bisa ditemui di Saung Tunggal Sari, seberang Hotel Duta Berlian Dramaga, Bogor.

Selamat mencoba...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan menulis komentar di sini